SAR Cari Alat Angkat Korban KM Sinar Bangun di Kedalaman 450 Meter

KULITINTA.ID, Jakarta – Basarnas telah menemukan lokasi keberadaan KM Sinar Bangun beserta sejumlah korban di Danau Toba, Sumatera Utara, pada kedalaman 450 meter. Basarnas mencari cara bagaimana mengangkat korban dan kapal.

Pernyataan itu disampaikan Kepala SAR Medan sekaligus Koordinator Tim Pencarian KM Sinar Bangun Budiawan saat dihubungi detikcom lewat telepon, Jumat (29/6/2018. Basarnas sedang berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengangkat korban dari dasar Danau Toba.

“Kita berkoordinasi ke kementerian, lembaga, pihak swasta, tambang, ada nggak alat untuk bisa ini. Kita lagi proses. Lagi menanya-nanyakan. Nanti kita bawa ke rapat. Jadi ini lagi proses menanyakan,” kata Budiawan.

Budiawan menjelaskan, pihaknya masih berusaha mencari tahu alat apa yang bisa digunakan untuk mengevakuasi korban dari dasar Danau Tobadengan kedalaman 450 meter. Ini menurutnya cukup sulit mengingat kecelakaan terjadi di danau, bukan di laut.

“Kita harus menanyakan dulu alat apa yang bisa. Kalau di laut kan enak. Ini kan problemnya di danau kan, bukan di laut. Jadi kita masih menanyakan kemudian dibawa dalam rapat,” jelasnya.

“Tim di lapangan masih melakukan pencarian korban. Sementara orang-orang di posko ini berpikir untuk proses pengangkatannya. Kita pikirkan di posko ini. Sedang berjalan,” sambung Budiawan.

SUMBER : DETIKCOM

Related posts