Yunani: Kebakaran hutan membunuh setidaknya 50 dekat Athena

KULITINTA.ID-YUNANI,Kebakaran hutan meletus di beberapa tempat di sekitar ibu kota Yunani, menghancurkan rumah-rumah dan mengganggu hubungan transportasi.

Sedikitnya 50 orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka karena kebakaran hutan merobek hutan dan desa-desa di sekitar ibu kota Yunani, Athena, kata para pejabat.

Jumlah korban tewas meningkat tajam pada hari Selasa setelah 26 mayat ditemukan di dekat kota pelabuhan Rafina, menurut pekerja Palang Merah dan wakil walikota wilayah itu, Girgos Kokkolis.

Otoritas kesehatan Yunani tidak dapat segera mengkonfirmasi peningkatan jumlah korban tewas karena mayat belum mencapai rumah sakit.

Menurut para pejabat, lebih dari 150 orang terluka dalam kebakaran, yang  merusak rumah-rumah, mengganggu hubungan transportasi utama dan mengirim orang-orang yang melarikan diri dari desa mereka.

Kebakaran pertama terjadi pada hari Senin di sebuah hutan dekat pemukiman pesisir Kineta, sekitar 55 km di sebelah barat Athena.

Menjelang fajar Selasa, api masih menyala di sekitar ibu kota, sementara yang lain pecah di tempat lain pada malam hari. 

Pihak berwenang berusaha untuk mengevakuasi warga dan pengunjung, kata juru bicara pemerintah Dimitris Tzanakopoulos, sementara pencarian untuk korban lainnya terus berlanjut.

Warga didesak untuk meninggalkan rumah mereka ketika kebakaran menutup salah satu jalan raya tersibuk Yunani, menutup layanan kereta dan mengirimkan gumpalan asap ke ibukota.

Api di desa Mati, sekitar 29km timur Athena, adalah jauh terburuk di negara itu sejak api menghancurkan semenanjung Peloponnese selatan pada Agustus 2007, menewaskan lusinan.

“Mati bahkan tidak ada sebagai pemukiman lagi,” kata seorang wanita pada TV Skai milik Yunani. “Aku melihat mayat-mayat, mobil-mobil yang terbakar habis. Aku merasa beruntung masih hidup.”

Mati berada di wilayah Rafina yang merupakan tempat peristirahatan populer dengan turis lokal, terutama pensiunan dan anak-anak di kamp liburan.

Beberapa bagian Mati masih membara asap putih pada hari Selasa. Mobil-mobil yang terbakar habis tersebar di luar gedung-gedung bertingkat di mana bangunan bertingkat tiga dan empat memiliki tanda-tanda kerusakan akibat kebakaran.

Bantuan mendesak

Yunani mengeluarkan seruan mendesak untuk membantu mengatasi kebakaran yang mengamuk di luar kendali di beberapa tempat di seluruh negeri, menghancurkan rumah-rumah dan mengganggu hubungan transportasi utama.

“Kami berurusan dengan sesuatu yang benar-benar asimetris,” kata Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras setelah mempersingkat kunjungan ke Bosnia.

Siprus dan Spanyol menawarkan bantuan setelah Yunani mengatakan pihaknya membutuhkan aset udara dan tanah dari mitra Uni Eropa.

Pihak berwenang mengatakan mereka akan menggunakan drone tanpa awak dari Amerika Serikat pada Selasa untuk memantau dan melacak aktivitas yang mencurigakan.

Para pejabat Tsipras dan Yunani telah menyatakan was-was atas fakta bahwa beberapa kebakaran besar terjadi pada saat yang bersamaan.

Kebakaran hutan tidak jarang terjadi di Yunani, dan musim dingin yang relatif kering membantu menciptakan kondisi kotak yang mudah terbakar. Tidak segera jelas apa yang menyalakan api.

SUMBER:Aljasera

 

Related posts