Perbedaan Negara Republik dan Negara Kerajaan

KULITINTA.ID – Untuk perbedaan negara republik dan negara kerajaan sungguh jauh berbeda, salah satunya dari harga kebutuhan yang digunakan rakyat dalam kesehariannya, seperti contoh harga bahan bakar minyak (BBM) dan juga harga rokok.

” Seperti BBM premium yang dijual secara eceran di republik ini, ada yang menjual BBM seharga Rp8 ribu dan ada juga yang menjual seharga Rp9 ribu perliter. Bahkan, harga di negara kerajaan tidak seperti apa yang di jual di indonesia, seperti negara Singapura, Tailand dan juga Malaysia,”.

Begitu juga dengan harga rokok yang di jual di republik ini, di toko-toko para pedagang ada yang menjual harga rokok S dan D seharga Rp22 ribu dan ada yang menjual seharga Rp23 ribu perbungkus. Dibandingkan dengan negara kerajaan, seperti harga kedua barang yang kita jelaskan ini, disetiap toko sama dan tidak ada perbedaan harga yang di jual oleh para pedagang.

” Ini hanya contoh kecil yang kita ceritakan dan perbandingan negara, seperti nilai uang juga jauh beda. Di republik kita, uang logam yang setiap hari kita pegang, sama sekali tidak ada harganya. Kadang-kadang uang logam ini kita temui di bawah almari, atas meja dan lain sebagainya,”.

Dibandingkan dengan negara kerajaan, uang logam tersebut selalu disimpan dan juga sungguh bernilai, seperti membeli air kaleng di mini market dan juga untuk kebutuhan lainnya, tanpa ada ditemukan di tempat-tempat yang seperti apa yang kita lihat di republik ini.

” Kadang-kadang di jalan kita selalu menemukan uang logam sebesar Rp500 hingga Rp1000 tergeletak, seperti tidak ada nilai. Padahal, jika di negara kerajaan ini uang seperti itu dapat digunakan untuk membeli air mineral dan juga makanan ringan lainnya,”.

Disamping itu, soal aturan di republik ini, seperti aturan penetapan harga komuniti tidak berjalan dan banyak dikalangan pedagang menjual dagangannya tidak tepat harga. Ada dikalangan pedagang yang dijual barang dagangannya murah dan ada juga yang menjual barang dagangannya dengan harga mahal.

” Seperti contoh, negara kerajaan malaysia, uang logam RM1 saja dapat digunakan untuk naik Bus dan juga dapat membeli makanan lainnya. Dibanding dengan negara kita, nilai uang Rp1000 tidak dapat untuk menaiki Bus dan lain sebagainya, seperti negara kerajaan ini, ini sungguh terlalu nilai uang kita dibandingkan dengan nilai uang dinegara kerajaan ini ya,?”.

Disisi lain, untuk perbedaan kecanggihan alat elektronik, seperti juga kendaraan yang digunakan oleh rakyat juga jauh berbeda. Padahal, negara republik kita ini jauh lebih lama merdeka di banding dengan negara kerajaan yang kita bahas di atas.

” Di negara kerajaan yang kita bahas ini sungguh maju dan taat akan aturan, tidak seperti negara kita. Di negara kerajaan ini, untuk kendaraan saja, negara kita jauh tertinggal, seperti kereta api dan fasilitas lainnya, saya berani mengatakan ini, sebab saya sudah pernah pergi kesana,”.

Sementara itu, seperti ketaatan rakyat akan raja, perdana menteri dan juga sultan sangat jauh berbeda dibandingkan dengan ketaatan rakyat kita kepada presiden, gubernur, bupati, camat dan juga kepala desa dan lain sebagainya. Pasalnya, di negara kerajaan ini untuk ketaatan akan pemimpin sungguh luar biasa, karena keadilan dan kesejahteraan diutamakan kepada rakyatnya.

” Tidak seperti di negara kita, keadilan dan kesejahteraan hanya di miliki oleh pejabat dan wakil rakyat saja. Sedangkan rakyat, tetap optimis akan hidupnya dan terus bekerja demi mempertahankan hidup dan keluarganya,”.

Disamping itu, seperti aturan yang sudah dibuat oleh negara kerajaan yang di terapkan kepada rakyatnya, sungguh-sungguh adil dan membuat rakyatnya taat aturan dan aturan tersebut wajib di taati. Dibandingkan dengan negara kita, dapat kita cermati sesuai apa yang kita ketahui dan kita pelajari selama kita duduk dibangku sekolah, bahkan sampai keperguruan tinggi terkait soal aturan.

” Yang memprihatinkan bagi saya di republik ini, seperti contoh aturan yang dibuat tidak melibatkan rakyat, seperti dalam membuat rancangan akan aturan yang akan diterapkan kepada rakyat. Ini sungguh naib sekali jika rakyat sendiri tidak mengetahui apa rancangan aturan yang akan dibahas dan akan ditegakkan kepada rakyatnya,”.

Alhasil, untuk membahas apa yang sudah diketahui dan juga berdasarkan pengalaman dilapangan. Negara kerajaan ini patut kita contohi, baik kemajuan ekonominya dan kesejahteraan rakyatnya. Disamping itu, kepada yang berwenang seperti pihak Eksekutif dan Legislatif dapat sama-sama komitmen dalam memajukan perekonomian untuk mensejahterakan rakyat mulai hari ini dan seterusnya.

” Kita berharap, segenap pihak yang berada dipusat dan juga di daerah dapat sama-sama mengobah ekonomi kita yang lebih baik lagi dan jangan kalian utamakan korupsi, yang membuat rakyat republik ini sengsara dan miskin. Mari kita belajar seperti negara maju, karena negara kita sudah lama merdeka, mari kita sama-sama bertakbir, Allahuakbaar”.

Opini.

Penulis : Heriyanto, SH

Related posts