Lima Kantong Besar Penentu Kemenangan Jokowi Vs Prabowo

KULITINTA.ID, JAKARTA – Head to head JokowiMaruf Amin vs Prabowo SubiantoSandiaga Uno di Pilpres 2019 bakal ditentukan oleh lima kantong kekuatan utama. Apa saja itu?

“Memang hal yang paling krusial apakah kedua pasang ini lolos tes kesehatan. Karena Pak Ma’ruf Amin sudah relatif berumur. Tetapi setelah ini lolos, siapa menang dan siapa kalah sangat ditentukan beberapa kantong besar, total ada lima kantong besar yang akan jadi penentu,” kata founder Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Denny JA, kepada wartawan, Senin (13/8/2018).

Kantong besar pertama adalah pemilih muslim. Populasi pemilih muslim mencapai 85% dari total pemilih.

“Waktu Pilpres 2014, pemilih muslim Prabowo lebih tinggi dari Jokowi. Itu kita tahu dari survei maupun exit poll. Namun Jokowi tetap menang pilpres karena waktu itu mayoritas dari minoritas memilih Jokowi. Sekarang dengan cawapres Ma’ruf Amin apakah Jokowi akan lebih dapat manfaat, misalnya,” kata Denny.

Berikutnya kantong ekonomi bawah, wong cilik. Ada 30-40 persen dari pemilih dari kalangan wong cilik, Jokowi dan Prabowo bakal serius berebut segmen ini.

“Siapakah yang paling mampu memenangkan hati mereka. Selama ini yang situasinya paling sensitif jika ekonomi turun. Jika ekonomi naik, Pak Jokowi diuntungkan, tapi jika menurun Pak Prabowo yang diuntungkan,” kata Denny.

Kantong ketiga adalah suara minoritas yang 15 persenan. Pada 2014, Jokowi mendapat suara cukup banyak dari kantong ini.

“Nah, bagaimana mereka sekarang, memang ulama di balik Jokowi ini ada Ma’ruf Amin, di balik Prabowo ada Habib Rizieq, jadi pertarungan Habib Rizieq sama Ma’ruf Amin juga akan menentukan ke mana minoritas. Dugaan saya, Ma’ruf Amin lebih nyaman buat mereka,” lanjut Denny.

Nah, kantong keempat sangat krusial, yakni kantong pemilik dana. Mereka adalah para pemilik logistik yang membantu pendanaan pilpres.

“Katakanlah mereka yang memiliki logistik, nah ke mana pemegang logistik ini akan meletakkan dana. Selama ini meletakkan dana dua kaki ada 50-50, 60-40, atau 70-30. Nah ini akan dikasih yang lebih banyak ke mananya,” ungkap Denny.

Dan kantong terakhir adalah para opinion maker atau influencer di media sosial. “Siapa yang menonjol di media sosial dia yang akan lebih diuntungkan. Jadi itu lima hal yang bisa menentukan menang-kalah, setelah Pak Ma’ruf Amin lolos tes kesehatan,” pungkasnya.

Sumber : DetikNews.com

Related posts