Diduga, Ada pungli sopir truk batubara di timbangan Muaratembesi

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Diduga, ada pungutan liar (Pungli) sopir truk batubara di timbangan muaratembesi Kecamatan Muaratembesi Kabupaten Batanghari. Pungli ini dikabarkan untuk mengatasi uang santunan atau membantu untuk kematian seorang anak warga Desa Sungai buluh, akibat kecelakan beberapa waktu lalu.

“ Ini sangat kami sayangkan hal ini terjadi, pungli yang dilakukan oknum yang mengatas namakan LSM ini sangat meresahkan para sopir truk batu bara. Sebelumnya ada wacana pungutan untuk santunan kematian anak warga desa sungai buluh,” kata Sopan Sopian, Ketua LSM Gerakan Pemantau Korupsi Jambi (GPKJ) Cabang Batanghari, Kamis.

Senada dikatakan, Ketua LSM Kompihtal, Usman, terkait dengan pungli yang dilakukan oleh oknum yang mengatas namakan LSM ini sangat bertentangan dengan aturan yang berlaku dan pihaknya meminta pihak penegak hukum menangkap salah satu oknum tersebut.

“ Jangan ada pungli pada sopir batubara dan memanfaatkan momen dengan adanya kecelakaan di Desa Sungai Buluh Kemarin dan sebelumnya beberapa pihak lembaga sudah membuat kesepakatan dan membuat asosiasi angkutan batubara dan asosiasi ini hanya untuk digunakan membantu pihak korban kecelakaan dan juga pihak sopir truk batubara,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, kepada pihak penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian dapat menangkap oknum ini, karena sudah meresahkan masyarakat dan menjual lembaga lain untuk dapat melakukan pungli di depan timbangan Muaratembesi.

Sementara itu, AM, salah seorang sopit truk batubara mengatakan, bahwa ada beberapa orang yang mengatasnamakan warga Muaratembesi dan juga oknum LSM serta ada beberapa pihak kepolisian melakukan pungutan di depan timbangan muaratembesi pada Rabu (15/8) sore kemarin.

“ Kami merasa terkejut dengan adanya oknum ini memminta kepada semua truk batubara sebesar Rp50 ribu permobil. Katanya uang tersebut untuk santuan kecelakaan di desa sungai buluh beberapa waktu lalu. Coba di cek sendiri,” kata Am, melalui Via Ponselnya pada Kulitinta.id, Kamis. (Ist)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts