Skuter Listrik Vespa Siap Produksi Massal

KULTINTA.ID, JAKARTA – Produsen asal italia, Piaggio, yang menyokong produksi skuter legendaris Vespa mengumumkan model listrik hasil inovasi mereka segera diproduksi massal dan dijual.

Saat ini, skuter yang dinamai Vespa Elettrica tersebut masih dalam proses perakitan di pabrik Piaggio di Pontedera, Tuscany, Italia. Pabrik itu merupakan lokasi pertama model Vespa pernah di produksi.

Elettrica baru dapat dipesan secara online pada Oktober, kemudian unitnya akan dipajang di dealer resmi di Eropa pada November. Piaggio berharap publik di Amerika Serikat bisa menikmati model yang disebut “simbol teknologi Italia” itu pada 2019

Dalam siaran untuk media, Elettrica dijelaskan punya jantung pacu yang disebut “Power Unit”. Dari situ skuter tanpa suara ini menghasilkan daya 2 killowatt (kW) sampai ke titik puncak 4 kW, plus torsi 200 Nm. Kemampuannya disetarakan dengan skuter tradisional 50 cc.


Baterai Elettrica bisa terisi penuh selama 4 jam pengecasan, begitu penuh, jarak tempuh pemakaiannya hingga maksimum 100 km. Pada versi X jarak tempuh bisa lebih jauh lagi, hingga 200 km.

Vespa pertama kali memproduksi sepeda motor tidak sampai setahun setelah Indonesia merdeka atau tepatnya pada 23 April 1946. Produsen yang memulai dengan model “lebah”, skuter 2-tak, skuter termahal dengan “jok melayang” ini terus beradaptasi dengan kemajuan zaman hingga menyongsong era elektrik.

Siapa tahu, Vespa Elettrica pada masa depan bukan hanya menjunjung teknologi listrik tapi juga fitur-fitur canggih seperti pengenalan motor pada pemilik tanpa kunci atau menghindari kendaraan lain yang terlalu dekat agar tidak kecelakaan. Inovasi Piaggio pada Vespa tetap mengadopsi gaya tradisional Italia, namun dikemas lebih canggih.

Sumber : CNN Indonesia. 

Related posts