Seribuan Keping e-KTP Ditemukan Tercecer di Pariaman, Sumbar

KULITINTA.ID, JAKARTA – Warga Kota Pariaman, Sumatra Barat, menemukan seribuan keping Kartu Tanda Penduduk Elektronik  (e-KTP) yang telah meninggalkan masa berlakunya. e-KTP ituditemukan tercecer di sekitar permukiman penduduk. 

“Sekitar pukul 17.00 WIB masyarakat menemukan kurang lebih 1.000 keping e-KTP di Desa Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah dan melaporkannya ke pihak Kepolisian,” kata Kapolres Kota Pariaman Ajun Komisaris Besar Andry Kurniawan di Pariaman, seperti dikutip Antara, Rabu (12/12) ). 

Polisi langsung melakukan seribuan e-KTP itu dan melakukan pengecekan data bersama Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman.

Setelah dilakukan pengecekan data, kata dia, diketahui bahwa seluruh e-KTP tersebut sudah ditarik oleh Disdukcapil Kabupaten Padang Pariaman dari pemiliknya karena telah diganti dengan yang baru. 

“e-KTP tersebut berasal dari Kabupaten Padang yang merupakan bekas, alamat, pekerjaan dan lain sebagainya,” kata dia.

Sampai saat ini, Kepolisian belum menemukan orang-orang yang terkait dengan ribuan keping e-KTP di permukiman masyarakat. 

Andry bilang kepolisian akan melakukan pemeriksaan terhadap para pegawai untuk mengusut kemungkinan adanya kelalaian atau pelanggaran. 

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Fadhlyastikan, seribuan e-KTP tersebut merupakan bekas dari masyarakat di daerah itu. 

Selain itu mencakup alamat, pekerjaan, data-data elemen di antara data-data yang ada di pascapemekaran nagari di Kabupaten Padang Pariaman beberapa waktu. 

Masyarakatnya sedang menelusuri keteladanan tersebut di mana mereka berada dan hanya memperoleh sekitar satu kilometer dari kantor dinas terkait.

“Kami akan koreksi di tingkat internal atas ini,” katanya.

Editor : Heriyanto, S.H / Sumber : CNN Indonesia

Related posts