Waspada Dua Penyakit Ini Saat Ramadahan, Adnan Kadinkes Sebut Penyebabnya

KULITINTA.ID, SAROLANGUN – Hari pertama puasa, Kepala Dinas Kesehatan, Adnan, HS, Senin (06/05) saat dibincangi media ini mengatakan saat bulan suci ramadhan ada beberapa penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat. Penyakit tersebut, yakni peningkatan asam lambung atau asam lambung naik dan penyakit diare.

“Puasa ramadhan ini, penyakit yang sering diderita masyatakat itu, peningkatan asam lambung dan diare. Tapi mudah-mudahan tidak terjadi pada masyarakat kita, sebab biasanya terjadinya diare ini muncul saat bulan ramadhan, karena mengkonsumsi makanan secara berlebihan, dan saat berbuka kadang tidak sesuai dengan selera usus kita atau lambung kita,” katanya.

Maka dari itu, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas yang ada di Kabupaten Sarolangun untuk melakukan pelayanan secara maksimal, khususnya bagi pelayanan rawat inap selama 24 jam.

“1 x 24 jam itu terutama pelayanan puskesmas rawat inap, tentunya dibagi dengan tiga shift, mulai pagi, siang dan malam, artinya tetap standby di puskesmas,” katanya.

Untuk itu diapun menghimbau kepada masyarakat Sarolangun untuk tetap senantiasa menjaga pola makan yang teratur, memperbanyak makan sayur dan buah-buahan serta membiasakan diri dengan pola hidup bersih dan sehat.

“Dan juga setiap puskesmas untuk mengupayakan melakukan penyuluhan di wilayahnya masing-masing,” tandasnya.

Editor: Heriyanto,SH / Sumber : penajambi.com

Related posts