Langgar At-Taqwa Mersam Batanghari Bina Generasi Baca Al-Qur’an

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Langgar At-Taqwa di Tanah Begali Kelurahan Kembang Paseban Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari, Jambi, kembali membina generasi baca Al-Qur’an. Dalam pembinaan tersebut dikhususkan untuk anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) hingga dewasa.

“Minat baca Al-Qur’an ini harus kita tingkatkan, apalagi di bulan suci ramadhan ini. Khusus untuk generasi, seperti anak-anak ini harus kita beri semangat demi masa depannya nanti,” kata Indra Yunas, salah seorang guru ngaji di Langgar At-Taqwa ini.

Dia juga mengatakan, mungkin, pada awal kali mencoba, membangun budaya ini terasa berat. Tetapi, semua bisa dilakukan dengan enjoy karena kebiasaan. Oleh karena itu, berat di awal jangan sampai menghalangi kita dari membudayakannya bersama anak-anak membaca Al-Qur’an.

“Mengajak anak untuk mengerti keutamaan-keutamaan dari membaca Al-Qur’an. Allah Ta’ala tidak pernah memberikan perintah, melainkan telah disiapkan balasan kebaikan-kebaikan yang luar biasa, termasuk dalam hal membaca Al-qur’an,” ujarnya.

Senada dikatakan, Muhammad Sapadi, selaku ketua mengaji di Langgar At-Taqwa ini, pada kenyataannya, minat baca anak-anak sekarang ini sangatlah rendah. Padahal, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari membaca Al-quran. Banyak faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca anak-anak ini, salah satunya adalah karena semakin berkembangnya teknologi.

“Dorongan dari berbagai pihak untuk meningkatkan minat baca Al-quran sangatlah dibutuhkan, terutama dari pihak keluarga,” jelasnya.

Sementara itu, Pasha, seorang anak yang ikut dalam pembinan generasi baca Al-Qura’an ini mengatakan, bahwa dirinya sudah belajar Al-qur’an sejak dini dan saat ini sudah sampai Jus ke 28.

“Saya hanya belajar mengaji di malam hari dan saat ini baru jus 28. Untuk kegiatan seperti ini saya sangat suka, karena saya ingin lebih paham lagi dalam membaca ayat suci Al-quran ini,” katanya lagi. (*)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts