Madyan M.Pdi, Doktor Temuda Sukses Ikut Sidang Terbuka Disertasi Tahun 2019

KULITINTA.ID, JAMBI – Dr. Madyan M.Pdi, merupakan Doktor Temuda Sukses Ikut Sidang Terbuka Disertasi di Tahun 2019 dan Dr. Madyan, M.Pd.I, adalah doktor muda dan tercepat dalam menyelesaikan studinya. Beliau menyelesaiakn studinya dalam waktu 2 setengah tahun atau 5 semester. Ini sungguh luar biasa bagi mahasiswa S3 dan tergolong sangat cepat dalam menyelesaikannya, dan masih berusia 35 tahun.
Beliau lahir di Desa Mersam, Kec. Mersam Kab. Batang Hari. Anak ke 2 dari 2 bersaudara. Ayah H. Arahman HS, dan Ibu Hj. Maryam Mukhtar, kakak Marlinda, S.Pd.I, istri El Munawwarah, S.E., M.EI, anak pertama Amirah Kaisah Tihani, dan anak ke dua Afiqah Nispi Ramadhani.
Menyelesaikan SDN 181 di Mersam, dan melanjutkan pendidikan di Pondok Pesantren, dan melanjutkan pendidikan S1, S2, S3 di UIN STS Jambi. Pengalaman kerja beliau pernah menjadi guru MTs, SMP, SMA 7 dan SMA 6 Batang Hari.
Kemudian beliau ditarik/diminta oleh Pemda Batang Hari saat itu untuk pindah ke struktural di Dinas UPTD P dan K Kec. Mersam. Beliau juga pernah menjadi Kepala Kesekretariatan Bawaslu Batang Hari, pernah menjadi Sekretaris MUI Kec. Mersam, dia pernah mengajar/dosen di STIKES Prima, Dosen STAI Muara Bulian dan sekarang di UIN STS Jambi.
Dia juga aktif di organisasi kemasyarakatan, baik itu FKDM, Kominda, FKUB, dan lain-lain, beliau juga seorang Da’i muda yang selalu mengisi acara keagamaan di tengah masyarakat, beliau juga aktif menjadi Dewan Hakim MTQ.
Saat kami tanya kepadanya, apa pesan dan kesan setelah selesai menyelesaikan S3 ini. Beliau menjawab : pertama, hormati, sayangi, minta restulah kepada kedua orang tua, karena tanpa orang tua kita tidak berarti apa-apa, saya sangat sayang kepada kedua orang tua saya.
Kedua, dalam sebuah hadits menuntut ilmu itu diwajibkan atas setiap muslim dan muslimat. Katanya kalau ingin dunia, dengan ilmu, kalau ingin akhirat juga dengan ilmu, kalau ingin keduanya ya dengan ilmu.
Bahkan dalam Al-Qur’an sudah dijelaskan : Allah akan mengangkat derajat orang beriman diantaramu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat. Di dalam belajar selalu ada halangan dan rintangan bagi saya, halangan dan rintangan itu adalah bumbu-bumbu untuk menuju kepada keberhasilan dan kesuksesan.
Ini sungguh pesan yang luar biasa yang ia sampaikan kepada kita, apalagi yang membuat kita terharu adalah beliau sangat-sangat menghormati, menyayangi kedua orangtuanya, tanpa orang tua kita tidak ada apa-apanya.
Sukses selalu, untuk doktor muda Dr. Madyan, M.Pd,I mudah-mudahan ilmunya bermanfaat untuk pribadinya, wabil khusus untuk kita semua, amin dan mudah-mudahan ada pemuda-pemudi atau doktor muda berikutnya.
Sementara itu, dalam acara tersebut turut hadir, Yazirman, Mantan Sekda Batanghari dan saat ini menjabat sebagai Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Jambi, Ali Rido, Mantan Sekda Batanghari, Syihabuddin, Kepala Bagian Umum Setda Batanghari, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Juga Tamu Undangan Lainnya di Kampus Pascasarjana UIN STS Jambi.
“Puji syukur saya ucapkan kepada tamu undangan semua yang sudah memberikan semangat kepada saya dalam mengikuti Sidang Terbuka Disertasi Doktor ini, semoga kedepan gelar Doktor yang saya dapatkan ini dapat memberikan manfaat bagi kehidupan orang banyak,” kata Dr. Madyan dalam kata samputannya. (Ist)
Editor : Heriyanto, SH

Related posts

Leave a Comment