Upacara Pembukaan TMMD di Batanghari Berjalan Sukses

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Upacara pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa ke 105 Kodim 0415 Batanghari TA.2019 yang dilaksanakan di desa ladang peris kecamatan Bajubang kabupaten batanghari (11/07/2019).

Yang di hadiri Bupati dan OPD dilingkup Kabupaten Batanghari, Jajaran Pejabat Korem 042/Gapu, Jajaran Denpom II/2 Jambi, Dandenpal, Wadan Yonif Raider 142/Kj dan Kodim 0415/Bth, Kapolres Batanghari dan Jajaran Polres, Kepala Kejaksaan Kabupaten Batanghari, Forkompimda, para Camat dan Kades, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat serta undangan lainnya.

Program TMMD ke 105 Tahun anggaran 2019 di wilayah kodim 0415/Batanghari melalui proses perencanaan secara intgral dan komprehensif dengan sistem “Bottom Up Planning” dan di tindaklanjuti dengan sistem “Top Down”. Kerja sama dan koordinasi dengan pemerintahan daerah maupun instansi terkait serta partisipasi aktif masyarakat.

Peran masyarakat dalam membantu pemerintahan daerah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan adanya kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik guna memantapkan kemanunggulan TNI dengan rakyat yang didasarkan pada perpaduan antara kepentingan di bidang kesejahteraan dan pertahanan secara sersi dan berimbang.

Dalam acara tersebut Kodim 0415/Bth pelaksanaan TMMD ke-105 membantu sasaran secara fisik yaitu pembuatan jalan desa ladang peris 3KM dan lebar 21M, pembuatan jembatan kayu desa ladang peris sebanyak 2 unit, pemasangan gorong – gorong di desa ladang peris sebanyak 6 titik, dan bedah rumah warga desa ladang peris sebanyak 34 unit.

Selanjutnya, sasaran non fisik berupa ceramah agama, penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan, pelayanan kesehatan, penyuluhan pertanian, pendidikan, hukum dan kamtibmas, sosialisasi narkoba, keagamaan, bahaya teroris dan paham radikalisme, KB kesehatan, perikanan atau peternakan, lingkungan hidup dan kehutanan, kegiatan PKK, dan Penyuluhan atau sosialisasi pelayanan publik dan kependudukan.

Untuk tenaga, ada sebanyak 300 personel yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan TMMD di wilayah Kodim 0415/Batanghari, terdiri dari 150 TNI dari anggota Kodim 0415/BTH, Korem 042/Gapu, Yonif Raider 200/BN, Yon Arhanudse 12/SBP, Yon Zipur 2/SG dan 150 orang lainnya dari Polres Batanghari, Kejaksaan, unsur Pemkab Batanghari dan masyarakat.

Selanjutnya dilakukan pemasangan tanda peserta dan penerimaan alat kerja secara simbolis dari Bupati Batanghari, lalu pernyataan dimulainya TMMD Ke-105 tahun 2019 Kodim 0415/Bth, yang disaksikan langsung oleh Bupati dan Kasipers Korem 042/Gapu, Letkol Inf Tomy R Lubis, serta tamu undangan.

” Saya sangat bangga dengan Kodim 0415 Batanghari, karena telah banyak membantu dan terjalinya kerja sama dalam menjalankan roda pemerintahan di bumi Serentak Bag Regam, ” Ungkap Syahirsah kepada awak media.

“Semoga hal seperti ini terus menerus terjalain, baikpun di masa jabatan maupun seterusnya, dan saya mengucapkan berikan apresiasi kepada kodim dan jajaranya serta  masyarakat, dan semua jajaran yang ikut berpartisipasi atas sumbangsihnya baik materi,tenaga atas terselenggaranya Kegiatan ini” Tutup Bupati. (Kik)

Related posts

Leave a Comment