Dispora Batanghari Siapkan Puluhan Peserta Paskibaraka Untuk Hadapi HUT-RI ke 74

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Dispora Batanghari kembali menyiapkan sebanyak 30 peserta terpilih yang merupakan Siswa-siswi terbaik dari SMA/Sederajat di Kabupaten Batanghari untuk mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Pasukan Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Hari Ulang Tahun (HUT) RI Ke 74 Tahun 2019.

Persiapan diklat puluhan paskibraka jelang HUT RI ini berlokasi di lapangan garuda Jln. Jendral Sudirman kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batang Hari.

Dispora Batanghari memulai pelatihan Paskibraka untuk menghadapi ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia sudah lebih awal. Untuk menyempurnakan gerakan dan kesiapan anggota paskibraka, dilanjutkan pelatih yang diambil dari kesatuan TNI Kodim 0415 Batanghari Serma Sarjoniarto dan Serka Nafakir.

Kegiatan Diklat pengenalan lapangan dan gerakan langsung dikomandoi oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga, Drs. Ardani Z Putra, MM yang didampingi oleh Kabid Kepemudaan Dispora yaitu Drs. Jauhari beserta Staf Dispora Batang Hari

Kadispora mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengurus PPI (Purna Paskibraka Indonesia) dalam melakukan penjaringan terhadap kurang lebih 500 orang peserta dari seluruh siswa-siswi SMA sederajat sekabupaten Batang Hari, serta melibatkan Lintas Sektoral yaitu Dinas Pendidikan Kebudayaan Batang Hari dan Departemen Agama yang tergabung dalam tim seleksi Paskibraka.

Kualifikasi tes yang di ikuti peserta Diklat Paskibraka adalah tes Kesehatan, Tes Fisik, tes mental dan tes IQ yang merupakan ketangkasan baris berbaris, tinggi dan berat badan, wawasan kebangsaan, pengetahuan umum serta seni dan budaya lainnya.

Dari hasil seleksi tersebut, Dispora memilih 30 orang siswa-siswi terbaik SMU sederajat sekabupaten Batang Hari yang terdiri dari 16 orang Putra dan 14 orang putri.

“Seleksi peserta Diklat dilakukan dari bulan maret dan akan di karantinakan di gedung Wisma PKK pada hari Minggu 04 agustus 2019. Agenda hari ini latihan perdana sebelum di asrama kan,” Pungkas Kadispora. (Dwn)

Related posts