Dorong Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi, BPPT: Agar Kinerja Optimal

KULITINTA.ID –Jakarta – Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza mendorong agar pemerintah segera menerapkan tata kelola pemerintahan berbasis teknologi informasi. Tujuannya, agar kinerja pemerintah semakin optimal.

“Jadi tata kelola pemerintahan dengan berbasis pemanfaatan ICT atau teknologi informasi dan komunikasi, tentu akan membuat kinerja semakin handal dan optimal,” kata Hammam dalam keterangan tertulis, Sabtu (3/8/2019).

Hammam mengatakan dirinya sudah menemui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Syafruddin untuk membahas pentingnya penerapan SPBE mulai pusat, daerah, hingga perangkat desa. Dia juga berharap ada integrasi dalam tata kelola pemerintahan.

“Selain meningkatkan efisiensi, SPBE juga akan memudahkan integrasi dalam proses tata kelola pemerintahan. Hal ini yang nantinya juga akan membuat layanan kepada publik dapat lebih cepat prosesnya,” terangnya.

Syafruddin sendiri meminta BPPT harus mampu memimpin dalam inovasi di era 4.0 ini. Dia juga meminta agar BPPT terus mengawal program SPBE hingga implementasinya nanti.

“Harus segera di rampungkan SPBE ini. BPPT harus bantu kawal menjadi penggerak SPBE,” ujar Syafruddin.

Menteri Syafruddin juga mengatakan bahwa BPPT memiliki peran penting dalam manajemen SPBE. Khususnya dalam melakukan audit, agar tidak terjadi pemborosan belanja negara.

“Jangan sampai nanti kita sudah buat aplikasinya, kemudian baru kita pakai sebentar, muncul lagi sistem baru aplikasi baru. Ujung-ujungnya harus belanja negara lagi, yang berujung pada pemborosan,” tuturnya.

SPBE sendiri tertera dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018. Perpres tersebut menyebut BPPT memiliki tanggung jawab membangun knowledge management system di seluruh pemerintahan pusat maupun daerah dalam menggunakan layanan publik secara elektronik.

BPPT sendiri tengah menggarap kajian artificial intelligence, cloud, sistem audit infrastruktur dan audit aplikasi umum berbagi pakai dalam mendukung SPBE. BPPT berharap nantinya SPBE ini memiliki fungsi Enterprise Resource Planning (ERP) atau aplikasi manajemen proses bisnis dalam tata kelola pemerintahan.

 

SUMBER  : detiknews.com

Editor        : supan sopian ,SE 

Related posts