Jembatan Timbangan di Muara Tembesi di duga tidak berfungsi Maksimal

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Jembatan Timbangan yang berada di Muara Tembesi Kabupaten Batanghari di duga tidak lagi berfungsi secara Maksimal.

Dari Pantauan Awak Media di Lapangan, tampak dari Ribuan Kendaraan yang bermuatan berat, baik Truk Batu bara maupun kendaraan bermuatan berat lainnya, yang tiap menit melewati jalan tersebut, kebanyakan tidak lagi Memasuki areal Jembatan Timbangan untuk menimbang Muatan armadanya.

Kepala Timbangan (Katim) Rahmat, Saat di Konfirmasi Via WhatsApp (WA) mengenai hal itu, Jum’at (13/12/2019).

Mengatakan bahwa, dirinya terkendala dengan Anggotanya yang sedikit, tidak sebanding dengan banyaknya Kendaraan yang bermuatan Berat, terutama banyaknya Truk Batu Bara yang melintasi Wilayahnya.

“Mobil tetap masuk ketimbangan tapi terkendala dengan Anggota saya yang sedikit, sedangkan Mobil yang bermuatan Berat banyak.” Kata Rahmat

“Kalau Kami arahkan semua masuk Timbangan, akan menimbulkan kemacetan lalu lintas.” Lanjutnya.

Dari keterangan Kepala Timbangan tersebut, kuat dugaan bahwa Kendaraan yang bermuatan berat, yang melintasi Areal Jembatan timbangan tersebut, banyak yang tidak melakukan Penimbangan.

Itu di karenakan tidak sebandingnya jumlah Petugas Timbangan dengan banyaknya Kendaraan yang bermuatan berat yang melintasi Wilayah Jembatan Timbangan Muara tembesi tersebut.

Sehingga dari Pantauan Awak media, banyak Kendaraan yang bermuatan Berat lolos (tidak melakukan Penimbangan) di lokasi timbangan

Menurut Sumber dari ketua lembaga suwadaya masyarakat (LSM) Lagu/Icil dia mengatakan kinerja kepala timbangan muara tembesi tidak profesional karna mobil tidak maksimal masuk ketimbangan ada apa dengan timbangan  Muara tembesi ujarnya .

“Kalau memang tidak sanggup lagi melakukan Penimbangan, untuk apa lagi Jembatan Timbangan itu di Fungsikan.” Ujar ketua LSM Somasi

“Lagua ,sebagai ketua LSM mengecam kepala timbangan berkerja tidak efektif dan tidak profesional tegasnya lagi.

Penulis  :(dedi zamora)

Editor    :Supan sopian,SE

 

Related posts