Parah, Ternyata Jiwasraya Belum Sampaikan Laporan Keuangan 2018!

KULITINTA.ID,akarta – PT Asuransi Jiwasraya tengah menjadi sorotan lantaran perkara gagal bayar yang jumlahnya cukup fantastis. Di luar perkara itu, ternyata ada fakta yang tak banyak diungkap. BUMN Asuransi ini belum juga menyampaikan laporan keuangan tahun 2018.

Padahal, tahun buku 2019 bakal segera berlalu. Bahkan, pada Oktober 2019 Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sempat mengancam bakal memberikan sanksi kepada manajemen yang belum juga menyampaikan laporan keuangan.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, terakhir kali Jiwasraya menyampaikan laporan keuangannya pada 2017 lalu. Dalam laporan keuangan yang telah diaudit itu, laba perusahaan rontok dari Rp 1,70 triliun pada 2016 menjadi hanya Rp 360,30 miliar.

Penurunan laba secara drastis karena lonjakan klaim dan manfaat yang dibayarkan perusahaan, termasuk kenaikan cadangan klaim. Tidak cuma itu, biaya akuisisi juga melompat dari Rp 702,65 miliar menjadi sebesar Rp 980,90 miliar.

Sebelumnya, Manajemen PT Asuransi Jiwasraya (Persero) di bawah kepemimpinan Direktur Utama saat itu Asmawi Syam, melakukan penundaan pembayaran klaim kepada nasabah produk Saving Plan yang jatuh tempo pada Oktober 2018.

Bukannya dibayar, penundaan itu malah berujung gagal bayar senilai Rp 12,4 triliun yang jatuh tempo mulai Oktober-Desember 2019. Saat ini, Jiwasraya dipimpin Direktur Utama Hexana Tri Sasongko.

Sumber :detiknews.com
Editor    :supan sopian,SE

Related posts