Dinsos Batanghari Panen Raya Kacang Hijau di Desa Rambahan Seberang

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Batang Hari Fauzan Azhari melakukan Panen Raya Kacang Hijau bersama Keluarga Penerima Manfaat Program Keluarga Harapan (KPM PKH) di Desa Rambahan Seberang. Acara tersebut di hadiri oleh Pjs. Kades Rambahan Atang, Kepala Dusun, Kordinator PKH Batanghari dan kelompok KPM PKH.

PKH sendiri sudah masuk dikabupaten Batang Hari sejak tahun 2013, dimana Program ini tidak hanya memberikan bantuan namun juga memberikan edukasi dan pengetahuan kepada penerima bantuan KPM, berupa materi Pertemuan peningkatan kemampuan keluarga (P2K2) yang berisikan Modul : Pengasuhan anak, Pendidikan anak, Kesehatan dan Gizi, Mengurus Lansia dan Disabilitas serta Meningkatkan Ekonomi keluarga.

“PKH merupakan Program bantuan sosial yang bersumber dari Kementerian Sosial yang diperuntukkan bagi masyarakat Pra Sejahtera demi mengatasi kesenjangan ekonomi,” tutur Yusuf selaku Kordinator PKH kabupaten.

Sementara itu, Salah satunya Pendamping Sosial PKH M. Tarmizi Putra yang menyampaikan, untuk modul meningkatkan ekonomi keluarga dan langsung menerapkan melalui usaha pertanian kacang hijau yang saat ini masuk usia panen didesa Rambahan.

“Bahkan, usaha ini berdasarkan kesadaran KPM sendiri dan bermodalkan kemandirian KPM secara kelompok,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Pjs Kades Rambahan juga mengungkapkan, bahwa PKH ini sangat banyak membantu warganya yang kurang mampu, serta PKH ini luar biasa

“Ya, setiap bulannya ada pendamping yang memberikan pembelajaran kepada KPM sehingga adanya perubahan pola hidup KPM tersebut,” paparnya.

Kemudian, Ketua lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Nusantara Wistaria juga sangat mengapresiasi kegiatan kelompok KPM PKH di Desa Rambahan ia berharap ke depannnya bisa lebih di tingkatkan lagi.

Sementara itu, Kepala Dinsos Batanghari, Fauzan Azhari mengatakan, hari ini kita bersama – sama panen kacang hijau di desa rambahan seberang yang mana panen hari ini panen yang ke tiga kalinya.

“Saya juga mengharapkan kedepannya dengan ada nya PKH Ini di Dusun Rambahan Sebrang bisa mengatasi kesenjangan ekonomi masyarakat kurang mampu,” tandasnya. (Kik)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts

Leave a Comment