Kadinsos : Ada Puluhan Unit Program Rutilahu di Batanghari

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Batanghari, Fauzan Azhari mengatakan, ada program rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Kabupaten Batanghari untuk tahun 2020 dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI sebanyak 80 unit.

“Rutilahu merupakan salah satu dari 5 program Kemensos, di antara 4 lainnya yaitu, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Beras Sejahtera, Sarana Lingkungan (Sarlin), Kelompok Usaha Bersama (Kube) dan Program Keluarga Harapan (PKH),” katanya.


Dia juga menjelaskan, saat ini program Rutilahu ini sudah mulai berjalan dan alhamdulillah proses pengerjaannya sudah mencapai 80 persen. Untuk mekanisme penerima dana bantuan bedah rumah ini di adalah swakelola oleh masyarakat penerima itu sendiri.

“Ya, dinas sosial kabupaten hanya melakukan pengawasan dalam pembangunan rumah tersebut, Jadi dana itu riil di kelola oleh pihak penerima bantuan bedah rumah,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang LSM Nusantara, Wistarian mengungkapkan, program Rutilahu tahun ini beragam tanggapan masyarakat khususnya di desa Senami dan kegiatan Rutilahu ini sangat membantu masyarakat yang tidak mampu khususnya desa Senami ini.

“Rutilahu ini sudah mulai di laksanakan dan sampai saat ini sudah hampir selesai pengerjaannya. Bahkan program yang bersumber dari Dana kementerian sosial atau singkatnya di sebut Kemensos serta harapan kami tahun depan program ini dilaksanakan kembali dengan sekala lebih besar lagi,” ujar wistarian. (Kik)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts

Leave a Comment