PEMERINTAH TUBA MANTAPKAN HADAPI MUSIM BANJIR

KULITINTA.ID, TULANG BAWANG – Bupati Tulang Bawang Hj Winarti,SE MH memantapkan persiapan dalam menghadapi musim banjir tahunan akibat luapan sungai Tulang Bawang dampak dari tinggi nya curah hujan serta di buka nya Bendungan Way Rarem pada senin ( 24 – 02 – 2020 )

Adapun lokasi yang di sambangi oleh Bupati adalah Lingkungan Kampung Bugis Kelurahan Menggala Kota Kecamatan Menggala , dimana titik tersebut merupakan jumlah masyarakat yang cukup padat serta hampir setiap tahun nya jadi langganan banjir.

” Kalau ingin tidak terjadi kelalaian seperti tahun lalu , terjadi musibah salah seorang anak menjadi korban tenggelam karena bermain dan akhir nya terseret air , maka yang pertama kita lakukan pencengahan dini , mengingat rumah yang berada di Kampumg Bugis rumah tempat kebanggaan keluarga , tapi bagaimana Pemerintah serta masyarakat bergotong royong dalam mengantisipasi serta mencegah hal – hal yang tidak kita inginkan bersama , ” kata Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Nengah Nyapur , telah mengintruksi kan kepada jajaran nya agar dapat memasang pelang peringatan dimana titik – titik serta berarus dan terdalam , sebagai peringatan bagi anak – anak dilarang bermain karena air sudah mulai semakin deras serta meninggi.

” Lalu kita juga sudah membuka posko , tenda di tempat dataran yang lebih tinggi , kalau untuk posko kesehatan sudah di siapkan di beberapa titik, karena yang kita tau air nya akan membuat penyakit gatal , sehingga ini juga mempengaruhi anak – anak , ” terang Bunda.

Untuk itu , atas nam Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang , Bupati Hj Winarti,SE MH meminta kerjasama nya kepada seluruh elemen agar dapat bekerjasama dalam melewati kondisi seperti ini sampai bisa terlewati . ” Saya meminta kepada RT hingga Dinas terkait semua nya ikut memantau agar hal – hal yang tidak kita inginkan bisa terlewati mudah – mudahan , ” harap Bupati.

Jika kita melihat kondisi air akibat kiriman dari Bendungan Way Rarem dari tahun – tahun sebelum nya , sehingga menyebabkan banjir besar di kota Menggala khusus nya di Kampung Bugis , biasa nya banjir ini berdampak di Kecamatan Gedung Meneng , Rawa Pitu , serta Dente Teladas .

” Tapi saya sudah ke Kecamatan Dente Teladas saya melihat semua nya masih dalam kondisi normal , insya allah ini semua nya kita harapkan tidak terjadi banjir yang sangat tidak kita ingin kan bersama , harapan kita Bendungan Way Rarem bisa terkondisi sehingga tidak sampai meluap , akan tetapi kita minta kerjasama masyarakat semua yang berada di wilayah banjir , antisipasi sudah kita siapkan perahu karet , ” jelas nya.

Diakui Bupati diri nya sudah berkoordinasi dengan Gubernur Lampung melalui via tlpn , agar tetap antisipasi hal – hal yang menyangkut tentang bencana karena ini komitmen bersama dan terkait langkah apa yamg akan di ambil oleh pemerintah dalam meminimalisir banjir ini , Bupati Winarti dengan sigap menyatakan akan berupaya semaksimal mungkin.

” Saya sudah berkoordinasi langsung dengan Kepal Dinas PU , nanti tolong cek ke lokasi dan berkerjasama dengan balai besar karena itu jalan negara serta provinsi , untuk bagaimana air biar tidak mengendap akibat gorong – gorong yang sekala nya terlalu kecil , sehingga air nya tidak lancar untuk mengalir , ” Imbuh Bupati. (Ags/Adv)

Editor : Heriyanto, SH 

Related posts