KOMITMEN DINAS PENDIDIKAN TUBA WUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK

KULITINTA.ID ,TULANG BAWANG- Demi mewujudkan Kabupaten Layak Anak pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang mensosialisasikan serta mendeklarasikan Sekolah Ramah Anak dan Pelatihan Konversi Hak Anak ( KHA ) bagi pendidik dan peserta didik di SDN 01 Gunung Sakti dan SDN 05 Ujung Gunung Ilir Kecamatan Menggala Kabupaten Tulang Bawang .

Hadir dalam kesempatan ini Kepala Dinas Pendidikan Tulang Bawang Nazarudin , SH MH mewakili Bupati Tulang Bawang , Fasilitator KLA DR Sowiah Mpd , Dinas Kesehatan , Dinas Pemberdayaan dan Perlindungan Anak ( P3A ) Tulang Bawang , Kepala Sekolah , Pengawas Sekolah K3SD , wali murid serta komite sekolah.

Dalam sambutan Bupati yang di sampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan bahwa konsep sekolah ramah anak di defenisikan sebagai program untuk mewujudkan kondisikan aman , bersih ,sehat dan berbudaya lingkungan hidup yang mampu menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak dari kekerasan , diskriminasi . Selama anak berada di satuan pendidik serta mendukung partisipasi anak , terutama dalam perncanaan kebijakan serta pengawasan , ungkap Nazarudin .

Sementara itu sambutan Fasilitator Nasional KLA DR Sowiah Mpd. Sampai prinsip Sekolah Ramah Anak adalah Sekolah yang non Diskriminasi vagi anak dan tidak membeda – bedakan anak yang satu dengan yang lainnya, tidak kekerasan, atau saling mengolok – olok, tutupnya dalam sambutan.

Sekolah Ramah Anak merupakan salah satu Indikator Kabupaten Layak Anak dalam PeraturĂ¡n Menteri Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak ( P3A )No 8/2014 menyatakan ada enam indikator Sekolah Layak yang di sebut Ramah Anak yakni ” Kebijakan yang Ramah Anak, Pelaksanaan Kurikulum Pendidikannya, Pendidikan dan Tenaga Pendidik Terlatih Hak Anak Sarana serta Prasarana yang Ramah Anak, serta partisipasi anak serta Lembaga Masyarakat.

Sosialisasi Sekolah Ramah Anak ( SLA )bertujuan untuk menyamakan Visi dan Misi dalam tahapan pembentukan Sekolah Ramah Anak guna menciptakan ruang bagi anak untuk berpartisipasi terutama dalan perencanaan Kebijakan , Pengawasan dan Mekanisme Pengaduan di Lingkungan Sekolah sesuai dengan Usia serta tungkatan Pematangan Anak kegiatan ini di isi dengan berbagai Acara di antara nya “Kesenian Tari dari Siswa – Siswi SDN 01 Gunung Sakti dan SDN 05 Ujung Gunung Ilir dan di sertai Penanda tanganan bersama Sekolah Ramah Anak ( SLA ). ( Ags )

Editor : Supan Sopian, SE

Related posts