Diduga, Pendataan Bantuan Korban Banjir di Mersam di Data Oleh Tim Sukses Calon Bupati

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Kuat dugaan pendataan bantuan korban banjir di Kecamatan Mersam Kabupaten Batanghari di data oleh tim sukses salah satu calon bupati. Hal ini di katakan langsung oleh warga Kecamatan Mersam kepada media Kuli Tinta Dot Aidi (Kulitinta.id).

“Awalnya pendataan ini di lakukan oleh pihak RT dan kemudian di serahkan kepada pihak Kelurahan. Akan tetapi setelah pendistribusian bantuan ini diberikan kepada warga, data tersebut berubah dan banyak di atur oleh tim sukses salah satu calon bupati,” kata Aini, istri ketua RT05 Kelurahan Kembang Paseban Kecamatan Mersam.

Senada dikatakan, Tamrin, warga Keluhan yang sama, bahwa pendistribusian ini langsung dilakukan oleh tim dan dilakukan di Kantor Camat Mersam.

“Dari pagi sampai siang warga Mersam mendatangi kantor camat dan mengharapkan bantuan banjir ini. Namun, kejadian dilapangan melihat orang-orang yang bukan bekerja di kantor Camat yang memberikan bantuan ini dengan cara sembunyi-sembunyi,” ujarnya.

Dia juga mengatakan, warga yang ada di Kecamatan Mersam tidak mengetahui bantuan ini berasal dari mana, apakah dari dana APBN ataukah dana dari APBD Kabupaten Batanghari.

Salman, Camat Mersam ketika di konfirmasi lewat Via Ponselnya terkait data bantuan ini mengatakan, bahwa dirinya tidak mengetahui siapa yang mengajukan nama-nama warga yang mendapatkan bantuan ini

“Ini kewenangan Kasi Tantib Kecamatan, yakni Marzaman. Saya kurang paham dalam persoalan pendataan dan bantuan itu,” jelasnya.

Asnawi, Lurah Kembang Paseban juga mengatakan, data bantuan yang dilakukan oleh pihak kelurahan sudah di serahkan ke kecamatan dan soal pendistribusian bantuan ini dirinya tidak mengetahui.

“Pihak Kecamatan yang bertanggungjawab dalam pemberian bantuan itu, bukan kami,” paparnya.

Sementara itu, warga Kelurahan Kembang Paseban mengharapkan pihak yang berwenang dapat turun langsung dan melihat data-data penerima bantuan ini dan termasuk siapa yang memberikan bantuan tersebut.

Selain itu, jika hal ini salah, kepada pihak penegak hukum dapat menelusuri satu persatu bantuan tersebut diberikan dan siapa yang berhak mendapatkan bantuan tersebut sesuai sata RT yang ada di dalam wilayah Kecamatan Mersam. (*)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts