Wagub soal Vaksinasi Corona di DKI: Minggu Kedua atau Ketiga Januari

KULITINTA.ID,Jakarta – Vaksin virus Corona (COVID-19) kini memasuki proses distribusi untuk diberikan ke tenaga kesehatan terlebih dahulu. Di DKI Jakarta, vaksinasi Corona akan diberikan sekitar minggu kedua atau ketiga Januari 2021.”Rencana antara minggu kedua dan ketiga bulan Januari 2021,” kata Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria, kepada wartawan, Selasa (5/1/2021).

Nantinya vaksin itu juga akan diberikan kepada masyarakat secara bertahap. Riza mengatakan masyarakat yang menerima pemberitahuan untuk divaksinasi wajib melaksanakan vaksinasi.

“Sesuai dengan Kepmenkes No HK.01.07/MENKES/12757/2020 Masyarakat yang mendapatkan pemberitahuan melalui Short Message Service (SMS) Blast wajib mengikuti pelaksanaan Vaksinasi COVID-19. Pengecualian bagi masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima Vaksin COVID-19 sesuai dengan indikasi Vaksin COVID-19 yang tersedia,” ujarnya.

“Oleh karena itu, pemberian sanksi karena menolak divaksinasi sesuai Perda COVID dapat dilakukan bagi yang menolak divaksin bagi yang memenuhi kriteria penerima vaksin,” ujarnya.Riza mengingatkan masyarakat yang menolak akan dikenai sanksi sesuai yang tercantum peraturan daerah (perda) DKI, yakni sebesar Rp 5 juta.

“Imbauan kepada masyarakat ditujukan untuk meningkatkan penerimaan masyarakat terhadap vaksin. Pesan-pesan yang disampaikan di antaranya, info dasar vaksin terpilih (aman, efektif, halal, dosis lengkap), bagaimana vaksin melindungi, info kelompok prioritas vaksin, info bulan vaksinasi program, tetap CTPS, pakai masker, dan jaga jarak, dan meluruskan hoaks dan rumors. Pantau selalu media sosial @dkijakarta dan sering2 membuka website https://corona.jakarta.go.id/id,” tuturnya.Lebih lanjut, Riza juga berharap masyarakat terus memantau informasi mengenai vaksin, sehingga tidak termakan berita hoaks.

Sumber : detiknews.com

Editor    : Supan Sopian,SE

Related posts