Membentuk Usaha Ekonomi Produktif, Penerima PKH Mersam Batanghari Buka Lahan Perkebunan

KULITINTA.ID , BATANGHARI – Dalam melaksanakan pemamfaatan Bantuan Sosial (Bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kelurahan Kembang Paseban Kecamatan Mersam, Kabupaten Batanghari, Jambi kembali membuka lahan perkebunan. Dimana Bansos tersebut diberikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia (RI) kepada masyarakat di seluruh daerah.

“Kegiatan pembukaan lahan perkebunan ini di buat dengan tujuan, agar masyarakat penerima PKH bisa memiliki Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dengan cara memiliki lahan perkebunan milik kelompok penerima PKH,” kata Merry Anggraini, S.IP, sebagai pengurus PKH Keamatan Mersam, Minggu.

Sebagai pengurus dia juga mengatakan, kegiatan perkebunan ini dilaksanakan agar Masyarakat yang menerima PKH kedepannya bisa mendapatkan tambahan perekonomian yang mandiri dan produktif serta kreatif dalam membuka lahan perkebunan.

” Dengan dana Swadaya Kelompok Penerima Mamfaat (KPM)  PKH Kelurahan Kembang Paseban ini, nantinya hasil yang didapatkan murni dan akan dikelolah serta dimamfaatkan oleh KPM yang terlibat dalam UEP itu sendiri,” ungkapnya.

Kemudian Dirinya juga menjelaskan, bahwa lahan yang digunakan untuk perkebunan tersebut merupakan tanah keluarganya yang dipakai dan untuk tahap Awal ini adalah permulaan.

“Nah, kegiatan perkebunan ini insya Allah akan ditanami Sayuran, Cabe dan tanaman sayur lainnya. Untuk Lahan perkebunan yang kita kelolah ini berada di dalam lingkungan RT 20, RW 04, yang mana Tanah ini masih milik keluarga saya sendiri,” jelasnya.

Setelah dibentuk kelompok kegiatan UEP ini, dirinya berharap kepada Pemerintah Daerah (Pemda)  setempat, kiranya bisa untuk memberikan  tambahan modal untuk kelompok tani UEP PKH ini.

“Ya, kegiatan ini melibatkan Empat Puluh Lima Orang penerima PKH, memalui Musyawarah secara Terbuka dan KPM secara Sukarela Memberikan sumbangan dengan semangat untuk lebih maju dan berkembang, sehingga semuanya dilakukan secara bersama secara gotong royong,” tegasnya.

“Dengan demikian, kedepannya saya sebagai pendamping PKH juga berharap kepada Pemda Batanghari bisa memantau dan ikut membina kelompok Tani PKH kami ini,” sambungnya.

Kemudian, Senada dikatakan Rini salahsatu warga penerima PKH mengatakan, selaku penerima PKH sangat senang dan berterimakasih kepada pengurus PKH kelurahan Kembang Paseban Kecamatan Mersam.

“Saya salah satu Warga penerima PKH mewakili warga lainnya mengucapkan, terimakasih banyak dengan Merry yang sudah membantu dan membimbing kami selama ini, sampai saat inipun dirinya masih setia untuk membina kami, sampai-sampai kami diberikannya wacana kegiatan Perkebunan kelompok PKH ini di Tanah milik keluarganya sendiri,” kata Rini di lokasi Perkebunan. (PH)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts

Leave a Comment