Atletico Persilakan Madrid dan Barcelona Ramaikan Suasana

KULITINTA.ID, –  Atletico Madrid sudah jauh di depan dalam perburuan gelar La Liga. Namun mereka kemudian seolah menunggu Real Madrid dan Barcelona untuk meramaikan suasana.

Atletico saat ini ada di posisi puncak klasemen dengan nilai 55 poin. Los Rojiblancos unggul tiga angka atas Real Madrid dengan sisa satu laga di tangan. Luis Suarez dan kawan-kawan juga memiliki selisih lima poin plus selisih satu laga dari Barcelona yang ada di posisi ketiga.

Posisi Atletico merujuk klasemen La Liga saat ini terbilang masih bagus. Namun jika merujuk catatan beberapa pekan lalu, posisi Atletico saat ini jelas berada dalam bahaya besar bila dibandingkan sebelumnya.

Dalam empat pertandingan di bulan Februari, Atletico hanya mampu meraup lima poin dari total 12 angka yang bisa didapat.

Sementara itu di saat bersamaan, Real Madrid mampu meraup poin sempurna 12 angka. Hal itu berarti Los Blancos sudah sukses memangkas selisih tujuh poin dari Atletico.

Di akhir Januari, Real Madrid masih tertinggal 10 angka dari Atletico. Hal yang sama dialami Barcelona. Blaugrana bisa memetik 10 poin di empat laga terakhir La Liga, lebih banyak lima angka dibandingkan Atletico.

Langkah Atletico di bulan Februari jelas buruk bila melihat tren yang dilakukan oleh Madrid dan Barcelona. Meski masih punya selisih maksimal hingga enam poin [andai menang di laga tersisa], posisi Atletico dipastikan tak senyaman sebulan yang lalu.

Jadwal Berat Atletico

Setelah hanya punya selisih tiga poin dari Madrid saat ini, Atletico akan menjalani laga berat di beberapa duel mendatang.

Atletico secara beruntun harus menghadapi Villarreal, Real Madrid, dan Athletic Bilbao di Liga Spanyol. Rentetan duel ini berpotensi membuat Atletico kembali kehilangan angka.

Untuk Madrid, mereka menghadapi Real Sociedad dan Elche di luar duel lawan Atletico. Sedangkan Barcelona bakal menghadapi Sevilla, Osasuna, dan Huesca.

Dari pertimbangan lawan yang ada, Barcelona punya lawan yang paling enteng di deret tiga laga berikutnya di Liga Spanyol.

Di bulan Maret nanti, Atletico juga masih harus memikirkan Liga Champions. Kekalahan 0-1 dari Chelsea di leg pertama membuat mereka punya pekerjaan rumah besar untuk bisa bangkit di leg kedua.

Hal itu yang juga turut memecah konsentrasi Atletico dalam perburuan gelar La Liga. Mereka tentu bakal lebih menurunkan kekuatan penuh untuk persiapan duel lawan Chelsea dan bisa jadi menyimpan pemain di laga lawan Getafe yang berlangsung beberapa hari sebelumnya.

Atletico memang sedang bermasalah dalam perjalanan mereka di La Liga musim ini. Lini depan yang sempat galak hanya mampu mencetak satu gol di dua laga terakhir La Liga.

Atletico bahkan tidak mampu mencetak gol dalam dua laga terakhir yang mereka mainkan, yaitu kalah 0-2 dari Levante di La Liga, dan kalah 0-1 dari Chelsea di Liga Champions.

Namun posisi Madrid dan Barcelona saat ini juga tidak dalam kondisi yang benar-benar baik. Kedua tim juga punya masalahnya masing-masing.

Real Madrid mengalami masalah krisis pemain. Mereka kehilangan sejumlah pemain penting mulai dari Sergio Ramos, Dani Carvajal dan Marcelo di lini belakang hingga Eden Hazard dan Karim Benzema di lini depan.

Ketiadaan pemain-pemain bintang itu tentunya menggerus kekuatan Real Madrid. Los Blancos bakal menemui ujian besar untuk mempertahankan jalur kemenangan di tengah minimnya rotasi pemain akibat kehilangan banyak pemain andalan.

Sedangkan Barcelona masih bermasalah dengan konsistensi. Meski di La Liga sudah tak lagi menelan kekalahan sejak awal Desember, Barcelona terkadang tersandung dan tampil buruk di laga-laga penting.

Barcelona hanya mampu bermain imbang lawan Cadiz 1-1 dan dihajar Paris Saint Germain di Liga Champions plus dibungkam Sevilla di leg pertama semifinal Copa del Rey.

Dua laga ganda lawan Sevilla di beberapa hari ke depan bakal jadi penentuan nasib Barcelona. Blaugrana masih bisa berharap gelar dari La Liga atau Copa del Rey bila mampu menaklukkan Sevilla sekaligus lolos ke final Copa del Rey.

Namun bila Barcelona kalah di dua laga tersebut, peluang untuk mengakhiri musim tanpa gelar bertambah lebar.

Sevilla sendiri tidak bisa dikecilkan dalam perburuan gelar La Liga musim ini. Sevilla saat ini ada di posisi keempat namun bisa menggusur Barcelona lewat kemenangan di akhir pekan ini.

Satu hal yang pasti, perburuan La Liga musim ini kembali ramai setelah Atletico memperlambat laju mereka dan membiarkan pesaing-pesaing bisa kembali berharap memenangkan gelar.

Editor : Heriyanto, SH/Sumber : CNN Indonesia

Related posts