Nah…!!! PJ Sekda Batanghari Dilaporkan IWO Ke Polres Batanghari

KULITINTA. ID, BATANGHARI – Buntut perintah larangan peliputan wartawan pada Senin (1/3), Penjabat (PJ)  Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Batanghari, Mulawarmansyah dilaporkan ke Polres Batanghari oleh Organisasi Ikatan Wartawan Online ( IWO) Batanghari.

Pada laporan IWO tersebut, PJ Sekda Batanghari diduga telah menghalang – halangi tugas wartawan ketika Bupati dan Wakil Batanghari menggelar rapat terbuka bersama OPD dan Camat se-Kabupaten Batanghari.

Perbuatan Sekda Batanghari telah melanggar, Tertuang dalam Undang – Undang Pers No 40 tahun 1999 pasal 18 ayat 1.

Tanggapi konflik kedua belah pihak, Bupati Batanghari, Muhammad Fadhil Arief, SE tidak menampik ketika masalah ini akan dilaporkan ke penegak hukum oleh Insan Pers.

” Itu sudah menjadi hak rekan–rekan Wartawan ketika kerja mereka dihalangi,” Katanya, Selasa (02/03) usai menggelar rapat terbuka di ruang pola.

Dikatakan Bupati, kemungkinan kemarin mereka belum terbiasa dengan kehadiranya, sehingga hanya menerka–nerka dan menimbulkan kesalahan.

” Ini hanya salah paham, mis Komunikasi saja,” ujarnya.

Bupati Batanghari berharap, untuk kedepanya Pemerintah Kabupaten Batanghari harus lebih terbuka terhadap Insan Pers.

” Sebab berita yang akan di publikasi itu menyangkut kinerja pemerintah, dapat membantu pemerintah memberikan informasi kepada masyarakat,” pungkasnya.

Perlu diketahui, pada Senin itu, Bupati menggelar rapat terbuka. Ketika Wartawan hendak melakukan peliputan, sejumlah anggota Pol PP melarang masuk dengan alasan menjalankan perintah Kasat.

Sementara itu, Kasat Pol PP Daud mengaku mendapat perintah dari Asisten I Hendri Jumiral dan PJ Sekda Batanghari.

Selanjutnya, Hendri Jumiral juga mengaku, dirinya mendapat perintah dari PJ Sekda di hari Sabtu (27/02) ketika Pemda dikunjungi PLH Gubernur Jambi.

Bahkan, selain perintah langsung, secara tertulis pesan WhatsApp, Mulawarman mengintruksikan agar menjaga ketat pintu Masuk Ruang Pola Besar dimana Bupati dan Wakil menggelar rapat terbuka bersama OPD dan Camat. (PH)

Editor : Heriyanto, SH

Related posts