Pemerintah Desa Pematang V Suku Sukseskan Pemilihan BPD Periode 2021-2027

BATANGHARI, (KULITINTA) – Bertempat di gedung Diniyah Takmiliyah Awaliyah (DTA) Nurul Wathon Desa Pematang V Suku, Kecamatan Muaro Tembesi, Kabupaten Batanghari, Pemerintah Desa Pematang V Suku melaksanakan pemilihan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) periode 2021-2027 pada Kamis, (09/09/2021).

Mashuri SE dalam hal ini sebagai Kepala Desa mengatakan, dengan berakhirnya masa jabatan Anggota BPD periode 2015-2021, sehingga Pemerintah Desa wajib memberikan kesempatan kembali kepada Masyarakat setempat bagi siapa saja yang merasa sanggup dan siap dalam mendaftarkan diri maju mencalonkan diri menjadi BPD untuk berdiri pada barisan depan sebagai penyampai Aspirasi masyarakat Desa setempat.

“Pemilihan BPD inikan sesuai dengan ketentuan yang ada, dikarenakan masa jabatan BPD yang lama sudah berakhir, maka hari ini saatnya masing-masing perwakilan masyarakat diberikan kesempatan kembali untuk  memberikan hak pilihnya lagi agar bisa menentukan siapa yang layak untuk ditunjuk menjadi BPD pada masing-masing Dapil,” sebut Mashuri.

Mashuri juga menjelaskan, Pemilihan BPD tersebut memiliki 5 Daerah Perwakilan dan dari kelima Dapil tersebut, sesuai suara mata pilih yang terdaftar sebanyak 220 mata pilih.

“Mengenai jumlah mata pilih dalam pelaksanakan pemilihan BPD pada Desa Pematang ini yaitu ada sebanyak 220 orang jumlah mata pilih dan itu merupakan jumlah global dari 5 Dapil,” jelas Mashuri.

Lanjut Mashuri, dari jumlah 220 Orang yang terdaftarkan untuk mberikan hak suaranya dalam pemilihan BPD, hanya ada sebanyak  3 suara yang tidak ikut menyalurkan hak pilihnya dan sebanyak 217 orang yang ikut berpatisipasi dalam mengsukseskan pemilihan BPD.

“Alhamdulillah setelah diadakan penghitungan hasil kotak suara tadi, dari total 220 mata pilih, hanya ada 3 orang yang tidak menyalurkan hak suaranya dan sebanyak 217 ikut memberikan  haknya dengan baik,” tegas Mashuri.

“Untuk jumlah mata pilih perdapilnya sendiri yaitu pada Dapil 1 sebanyak 35 mata pilih, selanjutnya Dapil 2 sebnyk 35 mata pilih, kemudian Dapil 3 sebnyk 35 mata pilih dan
Dapil 4 sebnyk 45 mata pilih ditambah lagi Satu Dapil khusus Dapil keterwakilan perempuan  sebanyak 70 mata pilih,” sambungnya.

Adapun Nama-nama dan jumlah kemenangan dari pemilihan BPD perdapilnya yaitu :

1. Dapil I di dapati oleh Cholidi, demgan total  suara terbanyak berjumlah 21 suara
2. Dapil II Hermanto, dengan total suara terbanyak yaitu berjumlah  19 suara,
3. Dapil III Kasful Anwar , dengan total suara terbanyak  yaitu 29 suara
4. Dapil IV Zainal, dengan total suara terbanyak yaitu berjumlah 33 suara dan,
5. Dapil keterwakilan perempuan di pegang oleh Elly Kurniasih, dengan suara terbanyak yaitu 36 suara.

Turut hadir dan menyaksikan pada pelaksanaan pemilihan anggota BPD tersebut yaitu, Camat Muara Tembesi beserta sekcam, Kades Pematang V Suku, Pjs Kades Amplu Mudo, Babin Kamtibmas, Tokoh Agama beserta Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda Desa setempat.

Pewarta: An

Penanggung jawab: Heriyanto SH

Related posts

Leave a Comment