Bupati Batanghari dan Rektor UIN STS Jambi Tanda Tangani Nota Kesepakatan Kerja Sama Dalam Meningkatkan SDM

BATANGHARI, (KULITINTA) – Bupati Batanghari Muhammad Fadhil Arief SE,, dan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, M.A., Ph.D., laksanakan penanda tanganan Nota Kesepakatan antara UIN STS Jambi dan Pemerintah Kabupaten Batanghari.

Pelaksanaan penandatanganan tersebut dilaksanakan di pendopo Rumah Dinas (Rumdis) Bupati Batanghari yang dilaksanakan sejak Pukul, 14:00 WIB , pada Rabu 15 September, 2021. Perihal penandatanganan tersbut terkait tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDA) khususnya kepada Masyarakat dalam Wilayah Kabupaten Batanghari.

Rektor UIN STS Jambi Prof. Dr. H. Su’aidi, saat diwawancarai awak Media mengatakan, kalau pihak UIN STS Jambi selain daripada akan mberikan program Beasiswa, pihaknya juga akan memberikan bantuan sapi tiap tahunnya untuk dikurbankan terhadap warga Kabupaten Batanghari.

“Alhamdulillah sampai saat ini UIN STS Jambi masih menyediakan Bantuan Beasiswa bagi Mahasiswa maupun mahasiswi yang berprestasi, taknhanya Beasiswa saja,alhamdulillah tahun ini tadi (2021) kalau UIN STS jambi sudah menyumbangkan 15 Ekor sapi untuk kurban, Insya Allah tahujln depan kami akan berikan 25 Ekor sapi lagi,” sebut Rektor.

Dilanjutkannya,tak hanya akan memberikan Beasiswa berbentuk uang saja, UIN STS juga akan mengundang mahasiswa dari beberapa Negara untuk di ajakan Studi di Kampus UIN STS Jambi.

“Kami ingin menghadirkan mahawisswa internasional dari sekitar 26 negara maju di jambi dan support dari pemerintah daerah lebih khusus Batanghari sendiri sangat diperlukan dan Bapak Bupati sendiri sudah merespon dengan baik,” pungkasnya.

Bupati Batanghari M. Fadhil Arief mengatakan, sangat mensupport UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia, karena sama dengan 36 program unggulan Bupati Batanghari dalam membangun sumber daya alam yang kemudian membangun perekonomian masyarakat.

“Kita akan support Pilot Projek Bapak Rektor Tadi yang calon dokter yang beriman tadi mungkin dengan Beasiswa yang akan kita mulai gelontongan tahun depan, kalau yang tahfiz Qur’an kita akan buat juga,” ucapnya.

Fadhil juga mengajak para rekan OPD untuk mengambil dari apa yang disampaikan Bapak Rektor atas apa yang akan dikerjakan oleh Pihak Pemda.

“Pasti tidak semua, sulit pasti sulit karena sulit itu perlu kehadiran kita semua, kalau masyarakat sendiri bisa mengerjakannya tentu tidak memerlukan pemerintah,” tandasnya.

“Yang kita kembangkan dengan UIN ini sesuatu yang bisa menjadikan pendapatan Duit, yang pasarnya sudah jelas. Sama seperti peternanakan, kita sepakat jambi sudah jelas pasar ternaknya datangnya dari Lampung dan Nusa Tenggara Barat, berarti pasarnya jelas, Apalagi terkait tanaman multikultura sayur-sayuran itu jelas, kota jambi di pasok oleh Bengkulu dan Bukit Tinggi,” sambungnya.

Masih kata Fadhil Arief, yang akan pemkab kembangkan di Batanghari melalui kerjasama dengan UIN STS Jambi adalah sesuatu yang pasti jadi duit.

“Karena orang beternak orang bertani itu bukan hobi tapi mencari Duit, dengan kerja sama anatara Pemkab Batanghari dan UIN STS, Mungkin akan ada laboratorium yang akan dikembangkan di Batanghari, misalnya kalau bapak Rektor kembangkan peternakan, mungkin akan kita siapkan lahan peternakan dan akan kita support anggarannya, dengan demikian mudah-mudahan kolaborasi ini berjalan dengan baik dan mahasiswa di Batanghari akan dibantu dengan Beasiswa dengan sistem monitoring yang akan dibuat,” Tutup Bupati Fadhil.

Pewarta: Erpan
Penanggung jawab: Heriyanto SH

Related posts

Leave a Comment