Grand Final Lomba Desain motif dan Literasi batik khas Batanghari, Zulva Fadhil: Milenial Harus Tahu Adat Budaya Serta Kearipan Lokal Kita

BATANGHARI, (KULITINTA) – Ketua dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Batanghari Zulfa Fadhil hadiri langsung kegiatan grand final lomba desain motif dan literasi batik khas Batanghari tahun 2021.

Kegiatan tersebut berpusat di Gedung pemuda Kelurahan Muara Bulian, Kecamatan Muara Bulian Kabupaten Batanghari, Jambi, yang dihadiri Sekertaris Daerah H M Azan, Plt Kadis Koperindag, Para peserta, dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Zulfa Fadhil menyampaikan Kegiatan lomba desain motif dan literasi batik khas Batanghari ini merupakan salah satu program kerja dari Dekranasda Batanghari.

” Alhamdulillah kami dari Dekranasda Batanghari juga telah meraih prestasi juara harapan favorit I dan II dalam lomba fotowastra,”Katanya.Kamis (16/09/2021).

Kegiatan ini juga sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan batik kepada para generasi Milenial untuk selalu melestarikan warisan budaya tersebut.

” Kita tidak ingin kaum Milenial sebagai generasi penerus tidak tahu apa itu batik. Kekinian boleh, tapi jangan lupakan adat budaya serta kearipan lokal kita,” Tambah Zulfa Fadhil.

Masih kata Zulfa Fadhil, dengan adanya kegiatan seperti ini juga merupan salah satu upaya dalam mencegah generasi Milenial untuk berbuat hal – hal yang bersifat negatif.

” Didalam kepengurusan dekranasda kami juga melibatkan kaum milenial, disamping mencegah berbuat hal – hal yang tidak baik, para generasi milenial juga masih memiliki ide – ide yang kreatif dan inovatif,” Terangnya.

Tak hanya itu, Ketua Dekranasda juga meminta kepada Bupati, bagi pemenang lomba tersebut desain batiknya untuk dapat digunakan menjadi salah seragam para ASN di Batanghari.

” Permohonan ini saya sampaikan langsung ke bapak Muhammad Fadhil Arief, dan Alhamdulillah pada saat itu mendapat respon positif dari Bupati,”Tutup Zulfa Fadhil.

 

Penanggung Jawab: Heriyanto SH

Related posts