APJ : Mari Kita Perjuangkan Hak-Hak Pekerja/Karyawan

KULITINTA.ID, BATANGHARI – Asosiasi Putra Jambi (APJ), yang sudah memiliki Akta Perkumpulan atau berbadan hukum tetap mengajak semua pekerja di dalam wilayah Provinsi Jambi, baik itu pekerja atau menjadi karyawan di Perusahaan Perkebunan dan Pertambangan memperjuangkan hak-hak mereka. Dimana, perkumpulan APJ ini berdiri berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Kekeluargaan, Kebersamaan dan Keserasian.

“Kami membuat perkumpulan ini hanya semata-mata ingin memperjuangkan hak-hak semua pekerja/karyawan di semua perusahaan, baik itu gaji, BPJS Ketenagakerjaan dan juga kewajiban perusahaan lainnya terhadap semua pekerja dan karyawan,” kata Heriyanto, S.H,.C.L.A, Ketua APJ dan juga seorang Lawyer, seorang penulis dan pemilik perusahaan media online.

Dia juga mengatakan, untuk tujuan perkumpulan ini adalah di bidang sosial dan untuk mencapai tujuan tersebut, perkumpulan melakukan usaha-usaha sebagai berikut.

“Kami juga memberikan bantuan hukum (non litigasi) kepada pekerja/ karyawan di bidang usaha pertambangan dan perkebunan yang ada di wilayah propinsi Jambi. Bahkan, kami juga melakukan pendampingan terhadap pekerja/ karyawan dalam hal terjadinya konflik ketenagakerjaan dengan pihak perusahaan,” ujarnya.

Bahkan, pihaknya juga akan menyelenggarakan pelatihan-pelatihan di bidang hukum ketenagakerjaan, hukum pertambangan dan hukum perkebunan kepada pekerja/ karyawan. Kemudian menjembatani hubungan kemitraan antara pekerja dengan pekerja, pekerja dengan perusahaan, dan antara pekerja dengan pemerintah.

“Kita juga akan membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan konflik perburuhan dan atau ketenagakerjaan khususnya di bidang pertambangan dan perkebunan. Nanti jika ingin bergabung bagi kawan di sebelas Kabupaten Kota, bisa langsung telpon atau WA saya di nomor 085266117730,” jelasnya.

Untuk fungsi dan peran perkumpulan, seperti lembaga penghubung antara antara pekerja dengan pekerja, pekerja dengan pemilik usaha, dan antara pekerja dengan pemerintah. Kemudian lembaga yang membantu pemerintah dalam melakukan sosialisasi/ penyuluhan di bidang hukum khusus dibidang pertambangan dan perkebunan.

“Peran kita juga merupakan wadah untuk membantu pekerja/karyawan dalam menyampaikan aspirasinya dan atau membantu menyelesaikan konflik ketenagakerjaannya. Semoga perkumpulan ini dapat membantu untuk kehidupan orang banyak, khususnya,” katanya lagi.

Sementara itu, H Arzanil, yang merupakan seorang Pengawas dalam perkumpulan ini, yang mana beliau juga merupakan tokoh masyarakat di Batanghari, Jambi, mengungkapkan, bahwa perkumpulan ini merupakan hajar hidup orang banyak dalam hal ini, bagi pekerja atau karyawan yang berkerja di perusahaan di dalam wilayah Provinsi Jambi.

“Mari bergabung dan sama-sama memperjuangkan hak-hak kita. Kalo bukan kita, siapa lagi. Karena banyak perusahaan yang ada tidak melakukan kewajiban terhadap pekerja dan juga karyawannya. Begitu juga dengan BPJS Ketenagakerjaan itu penting dan ini sangat membantu untuk kedepannya bagi pekerja atau karyawan itu sendiri,” Kata H Arzanil. (*)

Editor : Supan Sopian, S.E

Related posts