Gubernur Riau Syamsuar Kaget Punya 5 Mobil Dinas

KULITINTA.ID, PEKANBARU – Gubernur Riau, Syamsuar yang belum sampai 1 minggu dilantik, kaget bukan kepalang melihat mobil dinasnya. Dirinya kaget karena jabatan gubernur memiliki mobil dinas sebanyak 5 unit.

“Saya kaget juga, sampai ada 5 mobil dinas. Kemarin kita ada kegiatan sama KPK, saya sampaikan ke mereka, kalau ada mobil dinas Gubernur Riau sampai 5,” jelas Gubernur Riau, Syamsuar dalam perbincangan dengan detikcom di Posko Satgas Karhutla di Lanud Roesmin Nurjadin (Rsn) Pekanbaru, Rabu (27/2/2019).

Menurut Syamsuar, ke 5 mobil dinas tersebut terdiri dari Toyota Royal Saloon, Landcruiser, Toyota Innova, Alphard yang semuanya mobil dinas bekas dari sebelumnya. KPK pun menyarankan, ada baiknya sebagian mobil dinas itu dititipkan saja ke KPK.

“Semuanya mobil dinas bekas dari sebelumnya. Jadi saya ini akan menata aset dulu, sebagaimana saran KPK. Masa sampai banyak begini mobil dinas,” kata Syamsuar.

Dia menjelaskan, mobil Toyota Royal Saloon tersebut bekas zaman Gubernur Riau Rusli Zainal. Dengan begitu berarti mobil tersebut usianya sudah lebih dari lima tahun.

“Mobil ini, mobil lama, masih jamannnya Pak RZ (Rusli Zainal), bukan jaman Pak Anas,” tuturnya.

Syamsuar menyebutkan, dia tidak akan meminta mobil dinas yang baru. Mobil dinas yang lama seluruhnya masih layak pakai.

“Saya akan tata ulang ini soal aset daerah. Saya akan cek seluruh mobil dinas di satuan kerja yang ada. Ini penting karena salah satu indokator KPK dalam menilai jalannya roda pemerintahan,” kata Syamsuar.

Syamsuar menyebut, dari 5 mobil dinas bekas yang ada, hanya akan memakai tiga unit saja. Pertama Royal Saloon, Alphard dan Kijang Innova. Untuk jenis Landcruiser dan satu unit lagi jenis jeep akan dipoolkan.

“Saya cuma tiga aja pakai, yang semuanya bekas dari gubernur sebelumnya. Karena semuanya masih layak pakai,” katanya sembari menolak pengadaan yang baru.

Mobil dinas yang dipakai adalah, Crown Royal Saloon, Alphard dan Kijang Innova. Mobil ini akan dipakai dalam urusan kedinasan.

“Kalau urusan pribadi, saya akan pakai mobil pribadi saya sendiri,” ungkap Syamsuar.

Editor : Heriyanto, SH / Sumber : DetikNews

Related posts